1. Menu Office
Button
a. Di mana fungsi New
Document, Open File, Save, Save As, Print, dll ?
Biasanya
pada MS-Word 2003, cukup klik menu File,
kemudian akan tampil fungsi dimaksud.
Namun pada
Ms-Word 2007, menu yang diklik adalah Office
Button (Gb. 1 dan Gb. 2.).
Letak menu
Office Button ada di pojok kiri atas
MS-Word 2007.
| ||||
|
Setelah
klik menu Office Button maka akan
tampil fungsi dimaksud, seperti gambar di bawah ini.
|
b. Fungsi Save
File
disimpan dalam bentuk DOCX (ekstention MS-Word 2007).
c. Fungsi Save As
Pada
fungsi Save As, ada beberapa pilihan
seperti terlihat pada Gb. 4. Misalnya, fungsi yang tersedia memungkinkan
file MS-Word disimpan dalam bentuk DOC (ekstention MS-Word 97 – 2003)
sehingga pengguna MS-Word 97 – 2003 dapat membaca file tersebut.
|
d. Fungsi Print
Di dalam
fungsi Print, terdapat pilihan Print, Quick Print dan Print Preview.
|
2. Menu Home
|
Pada menu Home, seperti terlihat pada Gb. 6, terdapat beberapa
pengaturan yang umum digunakan dalam pekerjaan, misalnya sbb :
a. Pengaturan Clipboard
Pada
pengaturan Clipboard, terdapat fungsi Paste dan Paste
Special.
|
b. Pengaturan Huruf (Font)
Pada
pengaturan Huruf (Font), terdapat
pengaturan tipe dan ukuran huruf;format huruf (Bold - tebal, Italic - miring dan
Underline – garis bawah); Subscript
(misalnya : A2, A3) dan Superscript (misalnya
: A2, A3); pewarnaan huruf (misalnya : pelangi); penandaan tulisan (misalnya : strikethrough);
penandaan huruf dengan warna (misalnya : rahasia !);pengaturan komposisi
besar/kecil huruf dengan Grow Font atau Shrink
Font (misalnya : Pengumuman Pengaturan).
|
c. Pengaturan Paragraf (Paragraph)
Pada pengaturan Paragraf (Paragraph), terdapat pengaturan letak kalimat dengan
menggunakan fungsi : Align Text Left (rata kanan), Center (rata tengah), Align Text Right
(rata kiri) dan Justify (rata penyesuaian); Line
Spacing (Spasi baris); Shading (untuk memberikan
pewarnaan pada background), Borders
(misalnya : daftar
menu); Short (pengurutan huruf atau angka); dll.
|
d. Pengaturan Mode (Styles)
Pengaturan
ini berfungsi agar tampilan penulisan sesuai dengan kebutuhan (misalnya
kebutuhan untuk laporan atau presentasi). Pada Change
Styles ada beberapa pilihan (Gb. 11. Change Styles –
Style Set).
| ||||
|
e. Pengaturan Koreksi (Editing)
Dalam
pengaturan Koreksi (Editing),
terdapat fungsi Find, Replace dan Select.
- Fungsi Find
biasanya digunakan untuk mencari kalimat yang diperlukan.
- Fungsi Replace biasanya
digunakan untuk menggantikan kalimat tertentu perlu diganti dengan
kalimat pengganti dalam jumlah tidak sedikit.
- Fungsi Select biasanya
digunakan untuk memilih semua penulisan, objek tertentu dan penulisan
dengan format yang mirip.
|
3. Menu Insert
|
Pada menu Insert, seperti terlihat pada Gb. 13, terdapat beberapa
pengaturan penyisipan, misalnya sbb :
a. Penyisipan Halaman (Pages)
Ada tiga
penyisipan yang dapat digunakan yaitu penyisipan Halaman Depan (Cover Pages), Halaman Kosong (Blank Page)
dan Page Break.
|
b. Penyisipan Tabel (Table)
Untuk
menyisipkan tabel pada penulisan, cukup dengan memilih berapa kolom dan
baris yang dikehendaki pada kotak kosong seperti terlihat pada Gb. 15,
maka tabel yang dikehendaki otomatis akan tampil pada layar halaman
penulisan. Atau untuk lebih lengkapnya ada pada fungsi Insert Table, dll.
|
c. Penyisipan Ilustrasi (Illustrations)
|
Ada
lima penyisipan ilustrasi, yaitu Picture, Clip Art, Shapes,
SmartArt dan Chart (Gb. 16).
- Penyisipan Picture, dapat
diambil dari file gambar yang tersimpan di dalam harddisk ataupun
flashdisk.
- Penyisipan ClipArt,
dapat diambil secara online (file dicari dengan bantuan
koneksi internet), cukup dengan mengetikkan keyword pada
Search For kemudian klik Go. Atau clipart yang sudah ada di dalam harddisk,
cukup klik Organize Clips.
- Penyisipan potongan bentuk (Shapes),
ada beberapa pilihan, terlihat pada Gb. 17.
|
- Penyisipan SmartArt,
fungsi baru yang tersedia di MS-Word 2007.
Terdapat
beberapa pilihan SmartArt, seperti terlihat pada Gambar
di bawah ini.
|
|
|
|
|
|
|
- Penyisipan Grafik (Chart)
Terdapat
beberapa pilihan Grafik (Chart) yaitu Column,
Line, Pie, Bar, Area, XY (Scatter), Stock, Surface, Doughnut, Bubble,
Radar. Seperti terlihat pada Gb. 23.
|
d. Penyisipan Links
Penyisipan
Links biasanya digunakan untuk menyisipkan suatu link terhadap kalimat tertentu yang akan menuju ke kalimat
lain atau terkoneksi ke internet, tergantung dengan keperluan penulisan.
e. Penyisipan Header
& Footer
Penyisipan Header & Footer
biasanya digunakan untuk menyisipkan format penulisan pada awal atau
akhir di setiap halaman dengan kalimat yang sama atau juga untuk
penyisipan penomoran halaman (Page Number).
f. Penyisipan Text
Terdapat
beberapa pilihan penyisipan Text, yaitu Text
Box, Quick Parts, Word Art, Drop Cap, Signature Lines, Date & Time,
Object.
g. Penyisipan Symbols
Ada dua
pilihan dalam penyisipan symbols, yaitu Equation
(yang biasa digunakan dalam penulisan perumusan) dan Symbol.
- Perumusan Equation
|
Equation
selengkapnya terdiri dari Tools, Symbols dan Structures. Digunakan sesuai dengan keperluan penulisan.
|
- Symbol
Ada dua
cara dalam memilih symbol, seperti yang terlihat pada
Gb. 26. Setelah symbol yang diperlukan dipilih, cukup
klik Insert, maka symbol dimaksud akan
tampil halaman penulisan.
| |||
4. Menu Page Layout
Pada menu Page Layout
ada beberapa fungsi yaitu Themes, Page Setup, Page
Background, Paragraph dan Arrange.
|
a. Fungsi Themes,
untuk pengaturan tema penulisan.
b. Fungsi Page Setup,
untuk pengaturan ukuran kertas (misalnya A4, Letter atau Folio);
orientasi kertas (ada dua pilihan yaitu Landscape atau portrait); dll.
c. Fungsi Page
Background.
Ada tiga pilihan pengaturan Page
Background, yaitu Watermark, Page Color dan Page Borders.
- Watermark
untuk memberikan tanda pada background penulisan,
misalnya ada kalimat “Do Not Copy” atau “Confidential”,
seperti terlihat pada Gb. 28. Apabila Watermark sudah
tidak diperlukan, maka klik Watermark kemudian klik Remove Watermark.
|
- Page
Color untuk memberikan warna pada background halaman
penulisan, seperti terlihat pada Gb. 29.
|
- Page Borders untuk
memberikan garis batas pada halaman penulisan, seperti terlihat pada
Gb. 30.
|
d. Fungsi Paragraph,
untuk mengatur letak penulisan dari sisi kiri-kanan dan atas-bawah
halaman penulisan serta pengaturan spasi antar baris
5. Menu
References
Menu References
digunakan apabila dalam penulisan ada mengambil kutipan dari beberapa
referensi misalnya dari buku, yang biasanya terdapat keterangan Judul
Buku, Pengarang Buku, Tahun Penerbitan Buku, Kalimat dalam halaman
berapa yang dikutip, dll.
|
6. Menu
Mailings
Menu Mailings
berfungsi misalnya untuk pembuatan penamaan pada amplop atau label (Mailings – Create), pembuatan Mail Merge (Start Mail Merge), dll.
|
7. Menu Review
Menu Review berfungsi
misalnya untuk pengecekan Spelling Grammar, pemberian Comment pada halaman penulisan, dll.
|
8. Menu View
Menu View untuk
membantu pengecekan secara keseluruhan atau draft penulisan apakah sudah
sesuai seperti yang di-ingin-kan dengan bantuan fungsi menu Document
Views; Format pengaturan dengan bantuan Show/Hide (ada pilihan Ruler, Gridlines, Document map, Thumbnails, dan Message
Bar); pembesaran atau pengecilan dengan fungsi menu Zoom;
Pengaturan penampilan secara Window dengan bantuan menu
Window (Arrange All, untuk menampilkan
seluruh dokumen Ms-Word yang sedang aktif dalam satu layar, agar
tampilan kembali normal maka cukup klik Maximize) atau
(Split, memotong layar penulisan yang sedang aktif kemudian di bawah
layar tersebut akan tampil layar seluruh penulisan dari judul penulisan
yang sama, biasanya berguna untuk pengecekan supaya tidak bolak-balik
mencari-cari penulisan yang hendak dibandingkan). Ada juga menu Macros apabila penulisan menggunakannya.
|
9. Di mana
pengaturan gambar (Picture Tools) ?
Untuk pengaturan gambar (Picture
Tools), biasanya memerlukan fungsi Crop (memotong
bagian yang tidak diperlukan) dan Text Wrapping (letak
posisi gambar, apakah di atas tulisan, mengikuti tulisan, di belakang
tulisan, dll). Pengaturan gambar akan tampil pada menu kanan atas
setelah mouse di-klik pada gambar yang akan diatur.
Seperti terlihat pada Gb. 35.
|
10. Di mana Customize Toolbar ?
Kemudian di manakah pengaturan Undo Typing (mengulangi format penulisan yang sebelumnya)
dan Repeat Typing (menuju ke format penulisan yang
sesudahnya) ? Juga Save (simpan file) secara praktis ?
Cukup klik menu pojok kiri atas,
persis di samping kanan Office Button, terdapat Customize Quick Access Toolbar.
|
11. Bagaimana
cara praktis klik fungsi-fungsi penulisan yang sering digunakan ?
Dalam penulisan seringkali
menggunakan fungsi Bold, Italic atau Underline
pada penulisan, cara praktisnya adalah blok kalimat yang hendak
ditambahkan formatnya kemudian secara otomatis akan tampil window
yang terdapat fungsi-fungsi yang diperlukan, seperti contoh pada Gb.
37.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar